Description
Target market atau target pasar adalah sekumpulan orang yang dinilai akan membeli suatu produk atau jasamu.
Menentukan target pasar merupakan langkah yang cukup awal dalam mengembangkan sebuah bisnis Salah menentukan bisa berakibat cukup fatal untuk bisnismu ke depannya.
- Mengoptimalkan strategi bisnis
Baik itu strategi pemasaran, penjualan, hingga pengembangan produk, data target market merupakan basis yang paling penting.
Bagaimana kamu akan melakukan perbaikan atau merumuskan strategi jika tidak tahu siapa yang akan membeli produkmu dan apa yang mereka butuhkan?
- Memudahkan proses distribusi produk
Proses distribusi produk tentunya akan lebih terencana jika kamu telah mengantongi segmentasi pasar mana yang akan menjadi fokus perusahaan saat ini. Misalnya, kamu menemukan bahwa pekerja yang tinggal di kota-kota besar merupakan segmentasi pasar yang paling potensial untuk melakukan pembelian. Dengan penemuan data tersebut, perusahaan tidak akan membuang-buang sumber dayanya untuk mendistribusikan produk ke lokasi yang kurang strategis.
- Membuat kampanye yang lebih personalized
Semakin target market merasa ‘klop’ dengan produk atau brand kamu, semakin besar juga awareness yang muncul.
Nah, bagaimana caranya agar mereka bisa merasa ‘klop’?
Dengan menyampaikan pesan yang relevan bagi mereka, baik dari segi esensi pesan, cara menyampaikan, channel yang digunakan, hingga siapa yang menyampaikan. Memahami target pasar adalah langkah utama untuk mewujudkan personalized campaign tersebut.